Blender 3D  , merupakan program aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk membuat modeling 3D dan Animasi bersifat Open Source, yang artinya gratis dan bebas dikembangkan oleh siapa saja.
Di Indonesia sendiri Blender sangat banyak digunakan, selain gratis, dan juga fitur tools yang ditawarkan sudah sangat mumpuni dan bersaing dengan software modeling 3D berbayar.
Berikut beberapa kelebihannya:
  1. Open Source
    Merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU ( General Public License yang digunakan.)
  2. Multi Platform
    Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  3. Sangat Lengkap
    Memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.

DOWNLOAD - Blender v.2.78 - [ Zippyshare ]

DOWNLOAD - Blender v.2.78 - [ Uptobox ]

DOWNLOAD - Blender v.2.78 - [ Solidfiles ]