Direct X 9.0c , merupakan kumpulan dari API ( Application Program Interface ) yang mana berfungsi menangani tugas tugas yang berhubungan dengan multimedia, seperti graphic, sound, 3D animasi, video. sebenarnya dulu directx ini di sebut sebagai application interface yang semuanya berawal dari direct x, seperti directmusic, direct play, direct 3D , dan sebagainya, namun sekarang  dengan direct x yang di kumpulkan menjadi satu.
dalam hal fungsi , bila Anda sebagai pengguna Windows 7 dan Windows 8, direct x sudah include di dalamnya , versi nya 10 atau 11, namun direct x 9 tidak di milikinya, ,bila Anda pengguna Windows XP, tentu sudah tidak perlu menggunakan ini lagi, namun apabila Anda pengguna Windows 7 ke atas, direct x 9 ini sangat di perlukan, karena notabenenya adalah direct x 9 ini yang memiliki karakter khusus untuk para gamers,
kadang ketika Anda mendownlaod sebuah game, hanya memperhatikan system requirement dari segi spek komputer, dan ketika Anda melihat system requirement nya, coba lihat juga, direct x berapa yang di butuhkan, hal ini berguna untuk mengeksekusi dari tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia. dari segi graphic, microsoft direct x9.0c ini sangat di butuhkan karena berbagai merek VGA terkenal seperti VGA ATI Radeon ataupun Nvidia, lebih maksimal menggunakan direct x 9.0c di banding versi terbarunya. Biasnaya yang mengalami error d3dx9_43.dll , atau sejenis nya awalan d3dx9 , itu pasti butuh direct x 9.0c.


DOWNLOAD - Direct X 9.0c - [ Downace ]

DOWNLOAD - Direct x 9.0c - [ Mediafire ]